4 Tips Agar Anak Bisa Mengelola Emosi Mereka

Banyak anak-anak mengalami kesulitan mengontrol emosi mereka. Orang tua dapat membantu anak-anak untuk membicarakan perasaan mereka, meluangkan waktu, dan mengajari anak-anak bagaimana mengelola emosi mereka. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh kalau anak dapat mengendalikan emosinya. Berikut ini adalah 8 tip yang bisa membantu Ayah dan Bunda mengajari anak Anda bagaimana mengendalikan emosinya.

Membicarakan Bersama tentang perasaan anak. Pastikan anak-anak memahami semua jenis emosi yang dapat dirasakannya. Bicaralah tentang jenis perilaku dan ekspresi yang mungkin timbul dari emosi yang berbeda. Misalnya beda dari marah, tangis, dan tawa. Selain itu, saat dia mengekspresikan emosi yang berbeda, bicarakan mengapa dia merasakan hal tersebut dan menunjukkan perilaku tertentu. Katakan kepada anak, kalau mereka menangis memang bisa menunjukkan perasaan sedih dan juga amarah mereka. Tetapi kalau dilakukan dalam waktu yang lama dan tidak dibicarakan dapat mengganggu orang lain. Ajak anak berbicara tentang kenapa mereka menangis atau pun sebaliknya ketika bahagia.

Mampu mengenali perasaan orang lain. Anak-anak juga perlu mengetahui bagaimana cara membaca perasaan orang lain. Apabila bisa membaca ekspresi wajah dan bahasa tubuh orang lain, anak-anak dapat mengenali perasaan dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Hal ini pada gilirannya dapat membantunya membangun hubungan yang yang lebih bermanfaat dan lebih baik dengan orang lain. Ketika orang lain senang ataupun bersedih, anak bisa membantu orang lain dengan menanggapi dengan cara semestinya.

Baca juga : Empati: Cara Mengajarkan Anak-anak untuk Menilai Orang Lain

Identifikasi strategi penanggulangan. Bantu anak mengidentifikasi strategi penanggulangan yang berbeda untuk mengontrol emosi. Anak Anda harus tahu bahwa setiap orang memiliki cara berbeda dalam mengontrol emosi. Anak harus diajari bagaimana menangulangi emosinya sendiri dan juga orang lain. Beberapa saran strategi penanggulangan yang mungkin berguna bagi anak, misal: mendengarkan musik, menggambar, pergi ke daerah yang sepi, meremas boneka, minum segelas air dingin, dan lain-lain.

Pujilah anak yang bisa mengelola emosi mereka. Bila anak dapat memegang kendali, berikan pujian kepada mereka. Anak mungkin senang menerima pujian yang pantas ketika berhasil mengatasi situasi yang menyebalkan dan telah menguras emosi mereka.

Anak harus diajak berlatih dan berbicara tentang berbagai situasi, agar bisa mengontrol emosi mereka. Hal ini bisa membantu anak bersiap menghadapi emosi yang tak terkontrol di masa depan, terutama ketika anda tak ada di sisinya. Cobalah untuk membiarkan anak secara mandiri untuk mengelola emosi mereka dalam dalam situasi yang berbeda, sebelum orang tua menawarkan bantuan dan bimbingan. Mereka  akan mampu menjaga emosi mereka secara mandiri dan akan dipakai hingga dewasa kelak.

Sumber : http://nspt4kids.com

 

2 thoughts on “4 Tips Agar Anak Bisa Mengelola Emosi Mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *