Keluarga

Mengenalkan Kasih Sayang di Hari Velentine Kepada anak, Bagaimana caranya?

Ayah blogger selalu merayakan hari valentine. Iya merayakan hari ini sebagai cara menunjukkan betapa kasih sayang itu penting banget diberikan kepada anak kita.

Mengajarkan kasih sayang tentu saja bukan domain seorang ibu saja, Ayah juga sebagai sosok penting yang mengenalkannya kepada anak.

Hari kasih sayang ini bisa sebagai pengingat untuk mengungkapkan kepada orang yang kita cintai betapa berharganya mereka di kehidupan kita.

Betapa menyenangkannya kehadiran mereka dalam kehidupan kita. Lalu, apa ya menunjukkan rasa kasih sayang kepada anak-anak?

Baca juga : Hadiah untuk Ayah, Apakah Kamu Pernah Memberikannya

Ajarkan Anak tentang Pentingnya Hubungan Intim Bersama Keluarga

Orang tua mungkin sering tersita waktunya dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya di luar rumah. Sehingga begitu sibuk hingga melupakan kalau anak butuh perhatian dan kedekatan bersama orang tua.

Please dong Ayah, bagi waktu dengan anak semaksimal mungkin. Nah Hari Valentine bisa dijadikan momen untuk menunjukkan kepada anak-anak kalau Kita perhatian kepada mereka.

Luangkan waktu untuk bercerita dan bermain bersama anak-anak.

Ayah Blogger punya ide, bagaimana kalau mengenalkan keintiman bersama keluarga dengan makan bersama. Rasa-rasanya, kegiatan makan bersama sering kali luput dari kehidupan keluarga kita ya.

Anak sering makan sendiri sebelum pergi sekolah, sementara Ayah atau Ibu yang berkerja juga tidak sempat bercengkerama bersama di meja makan besama.

Ayo dong Ayah dan ibu ajak anak-anak makan bersama. Enggak harus ke luar rumah loh. Makan di rumah saja. Anda bisa memasak sendiri atau memesan makanan dari luar.

Percayalah, anak ingin sekali dengan dengan Ayah dan Ibunya. Berbagi cerita dan canda tawa. Mereka selalu ingin dekat dengan orang tuanya. Tetapi sayang kesibukan sering kali menyita Cinta kita kepada mereka.

Menunjukkan Kasih Sayang dengan Berbagi Cerita

Sebarapa banyak waktu Anda berbagi cerita bersama anak-anak? 15 menin per hari, 30 menit, 45 menit? Semakin banyak waktu yang dibagi bersama anak, maka semakin besar perhatian kita kepada mereka.

Berbagi cerita adalah berbagi cinta. Anak-anak akan merasa dicintai ketika orang tua menyediakan waktu kepada mereka untuk bercerita.

Cerita apa saja, dari kegiatan sekolah, bermain bersama teman, dan tentang keseharian mereka.

Waktu bercerita bersama anak bisa sebelum tidur, ketika makan bersama, atau ketika bersantai sambil menonton televisi.

Menunjukkan kasih sayang dengan mengobrol itu membuat kita memiliki kedekatan emosional dengan anak. Anak akan merasa senang, karena orang tua mau mengetahui apa yang mereka rasakan dalam keseharian mereka.

Hari Kasih Sayang dengan Menunjukan Cinta dalam Praktek

Hari Valentine juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan cinta dalam praktik. Misalnya, ajarkan anak berbagi makanan dengan tetangga.

Anak juga bisa diajarkan berbagi rejeki kepada orang kurang mampu. Seperti Ayah blogger selalu mengajarkan anak untuk berbagi makanan kepada Abah (kakek) tukang sampah di lingkungan tempat tinggal kami.

Ayah dan ibu bisa juga mengajak anak ke panti asuhan atau pantai jompo. Anak-anak atau orang tua di panti pasti senang sekali dikunjungi oleh kita.

Anak bisa belajar bahwa begitu banyak orang yang butuh kasih sayang di dunia ini. Hari kasih sayang dapat menjadi kesempatan orang tua mengajarkan kalau dunia ini adalah tempat kehidupan penuh cinta.

Kita juga bisa memberi tidak dalam bentuk uang saja loh, bisa juga memberi dalam bentuk pakaian layak pakai, mainan bekas, atau benda yang berguna lainnya. Sementara tidak dimanfaatkan lagi di rumah.

Baca juga : 6 Nilai Kasih Sayang Ayah dan Anak

Terakhir, Valantine Adalah tentang Kasih Sayang dan Cinta Orang Tua Kepada Anak-Anak

Valentine bisa menjadi waktu mengajarkan kelembutan kasih sayang kepada anak-anak. Anak bisa belajar tentang cinta dari orang tua.

Anak bisa belajar tentang keintiman, berbagi cerita, dan belajar tentang cinta dalam praktik dari orang tua mereka.

Semoga 14 Februari membawa lebih banyak cinta pada kehidupan keluarga Anda. Selamat Hari Valentine!

2 thoughts on “Mengenalkan Kasih Sayang di Hari Velentine Kepada anak, Bagaimana caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *