orang tua hebat
Tips Ayah

Hai Ayah dan Bunda, Inilah 10 Cara Mudah Menjadi Orang Tua Hebat

Ada banyak hal yang bisa orang tua hebat lakukan tentang bagaimana membesarkan anak-anak yang bahagia dan sehat. Nah, berikut ini adalah saran yang sangat menarik yang mungkin bisa anda terapkan. Cara menjadi orang tua yang hebat bagi anak-anak anda.

Orang Tua Hebat tidak mencoba memperbaiki semuanya

Berikan anak kecil kesempatan untuk membuat solusinya sendiri. Bila anak mengalami kendala, seperti kesulitan memakai baju atau mengenakan sepatu, jangan segera menolongnya. Hal itu, bisa mengajarkan kemandirian anak dan jadilah orang tua hebat.

Beritahu kalau disiplin bukanlah hukuman

Orang tua harus bisa menegakkan batas apa yang boleh dilakukan dan tidak oleh anak. Orang tua harus benar-benar mengajarkan anak-anak bagaimana berperilaku dan membantu mereka menjadi perhatian dan mengendalikan diri sendiri.

Biarkan Anak Bermain

Anak-anak memilih aktivitas sendiri, dan jangan khawatir dengan kondisi mereka. BIarkan mereka bermain dengan teman-temannya. Katakan bersenang-senanglah dengan temanmu. Dunia bermain mengajarkan anak untuk mengenal dunia selain dirinya dan membuat mereka mengetahui kondisi lingkungan mereka.

Bacalah buku bersama setiap hari

Anda sudah pernah membacakan buku Bersama anak. Belum? Ayolah ayah dan ibu mulailah membacakan buku sejak mereka baru lahir. Bayi senang mendengarkan suara orang tua hebat. Membacakan buku dapat menambah pengalaman ikatan kuat seumur hidup. Anak akan tahu ada orang tua sebagai teman belajar mereka sepanjang waktu.

Baca juga : Cara Mengajarkan Empati Kepada Anak-anak untuk Menilai Orang Lain

Jadwalkan waktu spesial setiap hari

Berilah waktu beraktivitas Bersama dan berkumpullah bersama anak, meski waktu sempit misalnya selama 30 atau 60 menit tanpa gangguan apapun. Ingat, jauhkan smartphone anda. Karena bukan langkah yang baik bermain Bersama anda sementara masih sibuk mengecek kondisi dunia melalui handphone anda. Berkumpul Bersama anak adalah cara menunjukkan cinta dari orang tua.

Orang tua hebat sering menemani anak
Orang tua hebat sering menemani anak

Ayolah ayah, jangan terlalu sibuk

Anak mungkin mengharapkan bisa memiliki waktu yang lebih banyak Bersama ayah. Tetapi sering kali ayah menjadi orang paling sibuk sedunia. Ayah, cobalah sempatkan mengantar anak ke sekolah dan ikuti aktivitas lainnya. Anak akan sangat senang kalau mereka tahu tidak hanya ibu yang peduli dengan aktivitas keseharian mereka.

Buatlah kenangan yang manis

Kenangan manis Bersama anak takkan terlupakan seumur hidup. Anak akan mengingat banyak kegiatan yang dilakukan bersama keluarga. Seperti liburan Bersama keluarga atau yang paling sederha sering menemani anak sebelum tidur. Anak-anak akan ingat orang tua selalu hadir dalam hidup mereka.

Jadilah teladan

Anak-anak belajar banyak hal dari memperhatikan orang tua mereka. Orang tua adalah model dari perilaku dan sikap untuk anak anak. Memberi contoh dari setiap tindakan akan lebih baik dibandingkan terus berceramah apa yang harus mereka lakukan.

Cium dan peluklah pasangan Anda di depan anak-anak

Perkawinan Anda adalah satu-satunya contoh yang dimiliki anak Anda tentang hubungan intim penuh cinta. Jadi tugas orang tua menunjukkan bagaimana kasih sayang terus berjalan seiring waktu dari orang tua mereka.

Baca juga : Wahai Ayah, Tolong Letakkan Handphonemu

Katakan “Aku mencintaimu” kapan pun ingin mengucapkannya

Bahkan jika itu melewati waktu seribu purnama. Kata-kata kasih sayang cukup ampuh membuat anak menyakini kalau mereka adalah buah cinta yang terus mereka perhatikan.

Nah Ayah Bunda, Cobalah praktikkan hal-hal tersebut dan jagalah kehidupan penuh kasih sayang Bersama keluarga anda.

sumber bacaan : http://www.parents.com

 

 

You may also like...

6 Comments

  1. Ini yang saya butuhkan untuk menjadi ayah yang baik. 🙂
    terimakasih infonya sangat memotivasi.

    1. admin says:

      semoga bermanfaat dan cheers menjai ayah baik

  2. Kadang ndak sabaran kalo anak sedang mempertahankan egonya. Adakah tips agar bisa mengelola emosi saat anak sdg “mencari” perhatian?

    1. admin says:

      menarik mas, sabar ya ayah, jangan kalah sama anak. nanti kita buat mengelola emosi saat anak sedang mencari perhatian

  3. mengajarkan kedisiplinan yang rada sulit apalagi ketika anak dalam masa puber dan melihat pergaulan saat ini yang bikin ngelus dada

    1. Iya, ayahh harus perhatian banget sama anak. biar enggak ngelus dada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *