Tips Ayah

Kado Ulang Tahun dari Ayah untuk Anak-Anak Tercinta

“Mau kasih kado ulang tahun apa ya?” Ayah kerap kali bingung mau memberi kado kepada anaknya. Padahal begitu banyak pilihan yang bisa diberikan kepada anak-anak kita. Alih-alih mencari kado sendiri, Ayah malah menyuruh ibu membelikannya.

Wahai ayah, sempatkan dong sekali-kali terlibat membeli kado ulang tahun

Apa? Masih bingung mau memberi kado ulang tahun apa buat anak tercinta? Yuk, para ayah, kita coba memberi kado ultah anak dari usulan Ayahblogger.

Peralatan Sekolah

Kado ulang tahun peralatan sekolah. pixabay.com
Kado ulang tahun peralatan sekolah. pixabay.com

Kalau anak Ayah sudah mulai sekolah, peralatan sekolah dapat menjadi pilihan buat anak. Enggap perlu menanti tahun ajaran loh untuk membeli pelatan sekolah. Kado peralatan sekolah akan terasa manfaatnya. Kalau masuk sekolah nanti, biaya peralatan sekolah tidak perlu dikeluarkan.

Ayah bisa membelikan tas dengan warna dan gambar menarik. Selain itu, Ayah bisa membelikan buku, kotak pensil, pensil, pulpen, penghapus, dan penggaris untuk digunakan di sekolah. Ketahuilah para Ayah, peralatan sekolah anak-anak pasti sering hilang, habis atau rusak. Enggak ada salahnya kan pelatan sekolah menjadi kado ultah anak.

Baca Juga : Kalau Kamu Korupsi, Ayah Bisa Apa Nak?

Permainan Edukatif

Pemainan edukatif bisa menjadi pilihan bijak untuk kado ulang tahun bagi anak-anak. Permainan edukatif dapat dalam bentuk susunan huruf abjad biasanya terbuat dari kayu. Ada juga dalam bentuk deretan angka dari 0 hingga 9. Anak tercinta bisa belajar mengenal huruf dan belajar dalam menyusun kata demi kata.

Permainan edukatif yang mudah ditemui bisa juga dalam bentuk lego. Enggak susah loh ayah mencari Lego. Di toko permainan pasti ada. Permainan Lego lebih beragam bentuknya dan si kecil bisa menyusunnya sesuai imajinasi anak. Mahal? Ya hargaganya memang relative mahal, tetapi kan tahan lama. Lego bisa dimainkan anak kapan saja bersama teman-temannya dan juga bersama Ayah.

Pakaian Warna-Warni

pixabay.com

Ayah pernah membelikan baju buat anak, belum? Nah kalau belum, tolonglah ayah belikan baju ketika ilang tahun si kecil. Anak akan menyenanginya kalau punya baju baru, apalagi dengan warna-warni yang cerah. Selain pakaian, ayah juga bisa membelikan perlengkapannya seperti topi dan sepatu. Anak pasti cakep sekali kalau memakan pakaian dengan padanan warna-warni yang menarik.

Ayah enggak perlu menunggu hari raya keagamaan loh membeli baju. Anak terus bertumbuh dan semakin besar. Anak-anak pasti senang menerima kado baju. Anak menjadi banyak pilihan baju untuk dikenakan sehari-hari. Jadi Ayah, anak-anak yang berulang tahun pun, tidak ada salahnya dihadiahkan pakaian baru.

 Buku Cerita

pixabay.com

Buku cerita sangat cocok diberikan sebagai hadiah bagi anak-anak kita. Buku sangat bermanfaat untuk belajar dan perkembangan pengetahuan mereka. Ayah, kita harus terbisa memberikan buku kepada anak tercinta. Belum bisa membaca? Ya ampun ayah, buku buat anak yang belum bsia membaca kan ada buku menggambar atau buku dogeng dengan gambar. Jadi anak bisa mengenal cerita atau mendongeng dari melihat gambar.

Buku bisa membuat orang tua lebih dekat dengan anak dengan membacakan mereka banyak ceirta setiap hari. Tahu enggak sih Ayah, anak tidak membutuhkan ayah yang begitu sibuk setiap hari. Anak ingin Ayah bisa berbagi kehangatan dengan mereka. Anak-anak yang gemar membaca buku akan mempunya pengetahuan yang luas. Buku yang dibelikan bisa dari buku dongeng, komik, majalah anak, utamakan buku yang bukan untuk pelajaran sekolah ya Ayah.

Baca juga : Secangkir Teh Manis Pengingat Rindu Tentang Bapak

Boneka

pixabay.com

Ayah pernah enggak membelikan boneka buat anak di rumah.Anaknya laki-laki? Enggak apa-apa kok ayah, boneka itu bukan hanya untuk perempuan. Anak laki-laki juga tidak salah dibelikan boneka sebagai kado ulang tahun. Dari permainan boneka, anak bisa belajar menjaga kebersihan. Anak bisa belajar menjaga boneka dan membersihkannya sewaktu-waktu.

Boneka juga bisa menjadi alat permainan mengenal aktivitas sehari-hari. Seperti menyikat gigi, memakai shampoo, membersihkan tubuh dengan sabun, dan mamaki handuk setelah mandi.  Ketahuilah wahai ayah, anak juga bisa melatih tangannya untuk makan sendiri dengan pura-pura membei makan boneka. Jadi ayah, tunggu apalagi mari beli boneka buat kado si kecil.

17 thoughts on “Kado Ulang Tahun dari Ayah untuk Anak-Anak Tercinta

  1. Wah andaikan saja banyak para ayah yang menyadari peran mereka dan mau ikut andil dalam memberikan pendidikan untuk anak-anaknya. Pasti akan banyak terlahir generasa yang berkualitas ya 😃. Oh ya template blognya baru, ya. Saya suka.

  2. Kado untuk anak melihat usianya juga, kalau masih sangat kecil sepertinya mainan lebih tepat, lebih besar sedikit dan sudah bisa membaca beliin buku cerita yang banyak gambarnya agar minat membacanya tinggi, lebih besar lagi bisa berubah lagi.

    1. Kalau ayah blogger dari anak kecil sudah membelikan buku, buku yang banyak gambarnya dan buku dongeng. Ayah kan bias membacakan buat si anak. Betul sekali, kado juga diberikan melihat umurnya.

  3. Bolehlah diskusi sama ibu utk tau yg dibutuhkan dan disenangi si kecil. Namun jika kado itu dari ayah dgn kemasan spesial, tentu akan menjd kenangan tersendiri 🙂

  4. Eh kalo soal kado, sbnrnya suamiku lbh jago milihin utk anak2 :D. Dia yg paling ngerti trend, dan apa sbnrnya yg anak2 sedang suka hahahah.. Aku hrs akuin, suamiku penyayang banget ama anak2 :p. Bukan akunya ga perhatian ke mereka, tapi memang kerjaan kantor yg memaksa pulang sampe malam, kdg bikin ga terlaku deket ama anak2. Paling cm pas weekend. Smntara suami kerjaannya lbh flexible dalam waktu. Jd lbh banyak interaksi ama anak2 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *