pagi yang heboh karena anak
Tips Ayah

Pagi yang Heboh Karena Anak, Ayah Harus Ngapain?

Setelah Anak saya memasuki tahap sekolah dasar, barulah merasakan dunia pagi yang heboh karena anak semata wayang. Dari membangunkannya pagi hari, menyiapkan makanan, mandi, hingga mengantarkannya sekolah. Sudah hampir satu bulan menjalani waktu pagi yang heboh karena anak. Tidak mudah dan mulai menyadari keriuhan di pagi hari.

Kan ada istri? Helloooo, apa gunanya menjadi ayah kalau semua dikerjakan oleh istri. Kan katanya, Ayah memiliki pengaruh yang kuat terhadap tumbuh kembang anak. Kalau semua dikerjakan oleh istri, bisa-bisa saya cuma membuatnya untuk bertugas layaknya seorang pembantu dong. Bukan sepasang kekasih sehidup semati. Hehe…

Pagi hari dikala mentari sedang manis-manisnya, seringkali menjadi awal mula dari masalah kehidupan dalam keluarga kecil kami. Kalau yang dibayangin dan dipenginin ya, anak bangun cepat, dia pergi mandi sendiri, saya dan istri tinggal menyiapkan makanan, lalu mengantarnya dengan santai ke sekolah.

Padahal, kenyataannya semua bayangan pagi yang ideal hanya mimpi semata. Anak-anak ada saja tingkahnya, namun kalau tidak diatasi, ya bisa runyam dan kejadian yang sama akan berulang setiap hari.

Baca juga : Hati-Hati Terjadi Gangguan Perilaku Pada Anak Kecanduan Game

Apa yang Harus Dilakukan ketika Menghadapi Pagi yang Heboh Karena Anak

Kalau saya marah dan menyuruhnya untuk bangun, mandi, makan, dan pergi sekolah dengan cepat. Rasanya percuma saja. Apalagi menyuruhnya sambil berteriak, “Cepatan dong nanti kamu telat”. Anak ya leha-leha saja gitu kayak liburan di pantai.

Ayah harus mulai mengatasi masalah dengan tenang, tarik nafas, dan berpikir sejenak. Jangan-jangan ada yang salah dalam mengatur waktu dan cara berkomunikasi dengan anak tentang kegiatan hariannya. Bukannya berhasil menalukkan anak, dia malah biasa mendengar amarah dari Ayahnya.

Ayolah Ayah, emosi dan membuat semuanya menjadi terburu-buru enggak mengatasi masalah

Ajak anak untuk membicarakan tentang rutinitas hariannya, tangani dengan tenang, dan ungkapkan dengan rasa cinta. Bukannya malah bentak-membentak, seolah pagi hari waktu dimulainya peperangan. Ajak anak mengatur waktu bersama untuk memulai pagi yang lebih menyenangkan.

Bicarakan tentang pagi yang heboh karena anak tanpa menekan dirinya. Lalu, luangkan waktu untuk merencanakan kegiatan pagi hari, pada malam sebelumnya. Termasuk, menyiapkan pakaian, tas, dan peralatan sekolah lainnya.

Beri jadwal mandi untuk anak dan katakan kalau semua orang di rumah juga harus membersihkan diri masing-masing. Kalau anak telat mandi, maka akan membuat orang lain terganggu waktunya di pagi hari. Jangan lupa libatkan ibu untuk mendiskusikan soal ini.

Bangun rutinitas harian bersama seluruh anggota keluarga

Jelaskan kepada anak-anak kalau kegiatan di pagi hari harus dilaksanakan setiap hari. Pikirkanlah cara agar anak mengerti, kenapa tidak perlu memulai pagi dengan heboh. Caranya, bisa menggambarkan dan menulis kegiatan harian dari Ayah, Ibu, dan si anak sendiri.

Agar dia mengerti, tidak hanya dirinya saja yang melakukan kegiatan di sekolah setiap hari. Ada orang tua yang membanting tulang mencari nafkah untuk kepentingan seluruh anggota keluarga.

Baca juga : Aku Enggak Maafin Ayah

Kalau sudah begitu, untuk menaklukkan pagi yang heboh karena anak maka kerjasama adalah kuncinya

Setelah menjelaskan tentang rutinitas harian pun anak belum tentu mengerti itulah tantangannya. Maka, bicarakan berulang kali hingga anak-anak mengerti.

Bekerjasama dengan anak dalam menjalankan rutinitas harian mengajarkan dirinya untuk bertanggung jawab. Bantu mereka untuk memulai pagi dan menjalankan kehidupan sehari-hari dengan menyenangkan. Secara perlahan, percayalah mereka akan belajar menghargai waktu untuk dirinya sendiri dan orang tuanya.

Ketahuilah wahai Ayah, mengajarkan anak untuk mengatur waktu bersama, menjadikannya rutinitas, dan mengajaknya sellau berkerjasama sangat bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga. Gunakan waktu sebaik-baiknya, dengan memulai bagun tidur, mandi, pakai baju, dan sarapan bersama.

Kalau sudah bisa menaklukkan pagi yang heboh karena anak, maka orang tua bersama anggota keluarga lainnya bisa ke luar rumah dengan senyuman. Tiada lagi drama pada pagi hari dan yang utama anak-anak bisa mengatur waktu paginya dengan jauh lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *